quotesgram.com

Terlewat, Bukan Terlambat

Terkadang, kau berharap berada di Rabu padahal sudah sampai di Kamis. Terkadang, kau berharap berada di Maret, padahal sudah sampai di Juni. Ada saat di mana kau merasa ada yang tertinggal di belakang sana. Sayangnya, kau baru tahu ‘yang tertinggal’ itu ketika kau sudah berada jauh di depan. Orang bilang itu terlambat.

Tapi tidak bagiku. Kau hanya terlewat. Bumi yang bulat lonjong ini terus berputar. Siklus-siklusnya terus berjalan. Kelak, kau akan bertemu kembali dengan apa yang kau lewatkan. Meskipun semua tidak akan sama lagi, tetapi setidaknya kau punya kesempatan yang sama. Dengan demikian, semangatmu esok masih sama dengan hari ini atau bahkan lebih. Pikiranmu tidak lagi tentang apa-apa yang kau lewatkan kemarin. Kau akan berpikir apa-apa yang akan kau hadapi esok.

Kau akan bertemu kembali dengan Rabu pekan depan. Kau akan bertemu kembali dengan Maret tahun depan. Maka yang harusnya kau lakukan saat terlewat adalah mempersiapkan diri bertemu kembali dengan apa yang kau lewatkan. Menoleh ke belakang hanya untuk mendorong langkahmu jauh ke depan. Menatap ke depan hanya untuk melecut kakimu berjalan dengan mantap. Dan yang lebih utama, kau punya hari ini untuk kau selesaikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s