Movie Soundtrack Terbaik Versi Saya Part 2

Awalnya saya berencana membuat tiga bagian tentang movie soundtrack, tapi jadi urung setelah kawan saya—sis Ceri—berkomentar blog ini jadi mirip portal perusahaan. Ha! Lagipula saya memang ingin segera beranjak ke tema lain, sih. Bilang aja bosen, dih! Oke, setelah lagu dari film-film Asia yang saya posting kemarin, apa lagi lagu OST favorit saya?

Pertama, tentu saja OST Alice in Wonderland, yang film pertama. Judulnya Alice (Underground)  yang dinyanyikan oleh Avril Lavigne. Saat mendengarkan lagu ini saya selalu membayangkan berada di ‘tempat-tempat yang setengah mati ingin saya kunjungi’ lalu berkata seperti dalam liriknya.

I found myself in wonderland,
__
Is this real? Is it pretend?
__

Kedua, saya suka The Call yang dinyanyikan Regina Spektor dalam film The Chronicles of Narnia: Prince Caspian. Ingat lirik awalnya? Itu sangat Narnia! Dan rasa-rasanya ini juga sangat saya karena saya suka menulis. Pada lirik tersebut ada bunyi ‘word’, yeah! Bahwa sebuah kata mampu mengobarkan perang. Dulu, saat Rasul dan para Sahabat berperang, terdapat tim khusus yang berisi para penyair. Tim ini juga dimiliki oleh pihak musuh. Para penyair ini dengan lantang meneriakkan kata-kata penyemangat bagi para prajurit. Itulah mengapa saya suka lirik yang ini.

It started out as a feeling
Which then grew into a hope
Which then turned into a quiet thought
Which then turned into a quiet word
And then that word grew louder and louder
‘Til it was a battle cry
I’ll come back when you call me
No need to say goodbye

Ketiga, saya suka OST Lord of the Rings. Memang lebih banyak instrumentalia, sih, tapi ada juga adegan-adegan yang pemerannya menyanyi dan dua-duanya enak didengarkan. Keempat, saya suka OST Harry Potter. Lagu yang paling khas adalah Lumos Hedwigs Theme. Meski demikian saya hampir suka semua lagunya, mulai dari gubahan Alexander Desplate sampai Nicholas Hooper. Musiknya sangat magis seperti misalnya In Noctem, Journey to The Cave, dan The Killing of Dumbledore di film Harry Potter and The Half Blood Prince. Ada juga Snape’s Demise di film Harry Potter and The Deathly Hallows. Lalu kelima, saya suka OST Pirates of The Caribbean. Itu sangat bajak laut dan sangat Jack Sparrow! Keenam, saya suka Beating heart  yang dinyanyikan Ellie Goulding dalam film trilogi Divergent. Saya memang suka hampir semua lagu-lagu Ellie Goulding, ia punya suara yang khas.

Nah, tahu benang merahnya tidak? Enam lagu yang barusan saya sebutkan itu berasal dari film fiksi fantasi, yang keenam lebih tepat disebut science fiction, sih.

Selanjutnya beralih ke film Hollywood. Pertama, saya suka Crazier yang dinyanyikan Taylor Swift di film Hannah Montana. Kedua, Butterfly Fly Away yang dinyanyikan Miley Cyrus, masih di film Hannah Montana. Ketiga, saya suka Rhapsody di film AUGUST RUSH, yang kalau tidak salah itu adalah gubahan Mark Mancina. Sejauh ini, itu saja OST film Hollywood yang saya ingat. Mungkin kalau sudah nonton La La Land saya memasukkan OST nya juga ke dalam daftar lagu favorit.

Sekarang beralih ke film lokal. OST film Indonesia yang paling saya sukai adalah OST Laskar Pelangi. Ada Sahabat Kecil yang dinyanyikan Ipang, Tak Perlu Keliling Dunia yang dinyanyikan Gita Gutawa, dan Ku Bahagia yang dinyanyikan Sherina. Tiga lagu ini selalu bersama saya ketika saya menulis novel pertama saya. Mendengarkan mereka rasanya seperti berada di teras rumah yang terletak di tengah padang luas yang hijau lengkap dengan pepohonan yang berjejer rapi di sepanjang bukit. Lebay!

Saya bingung jika disuruh memilih satu di antara sekian lagu yang saya sebutkan di atas. Bagaimanapun, saya merasa saya harus tetap memilih untuk saya tautkan videonya di sini. Oke, dan pilihan itu jatuh pada The Call! No need to say goodbye.

Henny

4 thoughts on “Movie Soundtrack Terbaik Versi Saya Part 2

Leave a Reply

