My Crush

Sesekali menulis tentang cinta, boleh lah ya. Lagipula sepertinya tidak banyak yang akan menemukan saya di sini—dan semoga pemikiran ini benar. So,  my crush my inspiration. Ini bukan tentang kisah kasih di sekolah. Juga bukan tentang cinta bertepuk sebelah tangan. Ini tentang penggemar dengan idolanya. Penggemar itu adalah saya. Dan idolanya adalah seorang musisi.

Saya ‘bertemu’ dengannya sekitar tahun 2015, ketika sedang menelusuri kanal-kanal Youtube. Pentatonix dan The Piano Guys adalah kanal tujuan utama saya. Melalui mereka saya bertemu dengan Tiffany Alvord, A Cappella, dan Against The Current. Saat itu saya tidak menyadari kehadirannya padahal ia selalu muncul bersama mereka. Maksud saya, ia SELALU berada di lajur kanan layar Youtube dan saya tidak pernah tergoda untuk berkunjung ke kanalnya. Maafkan saya, idola! Saat itu baru satu videonya yang berhasil menarik saya yaitu cover song Maps Maroon 5. Itupun saya lebih memperhatikan MAX dan Alyson Stoner yang menyanyikan lagunya daripada dia yang memainkan musiknya. Maka bisa dibilang kesan pertama saya tentangnya tidak terlalu baik. Itu artinya ini bukan pula tentang cinta pada pandangan pertama.

Lalu pada akhir tahun 2016 saya bertemu dengan Vidya Vox, setelah mendengarkan lagu mashup-nya Let Me Love You & Tum Hi Ho di Geronimo FM. Ha! Ketahuan lagi, ya, suka India-nya. Melalui Vidya Vox, akhirnya saya bertemu dengan Shirley Setia dan saat itulah akhirnya saya menyadari kehadiran Kurt! Kurt Hugo Schneider! He is my crush, yes. Saya terkesan dengannya yang menyanyi—meskipun sedikit—lagu Bollywood bersama Shirley Setia dalam video Ultimate Bollywood Mashup. Bule kulit putih nyanyi lagu India, menurut saya itu menyenangkan untuk didengar.

Sejak saat itu timbul rasa penasaran saya, maka saya jelajahi kanal Youtube Kurt. Dan saya terpana, tercengang, sekaligus takjub. Dia bisa memainkan semua alat musik, mulai dari piano, gitar, harpa, sampai kicrikan. Dia juga keren dalam aransemen lagu menggunakan beragam alat-alat canggihnya, pendek kata, nggak gaptek lah ya. Dan yang paling mengesankan adalah ide-idenya yang brilian. Agaknya inilah yang membuat saya suka pada Kurt. Dia bisa menciptakan musik dari apapun, bahkan bungkus snack dan sepeda onthel juga bisa dia sulap jadi musik. Saya pun berakhir dengan mengikutinya di Instagram dan kepo sana-sini, ternyata dia pandai bermain catur!

Kerennya lagi, dia amat sangat produktif. Paling tidak seminggu sekali dia mengunggah video barunya, sama seperti rekannya, Sam Tsui—mereka berteman sejak SMP, kalau tidak salah. Kurt bahkan bisa mengunggah dua video dalam seminggu. Inilah yang menginspirasi saya. Jika Kurt rajin dan kreatif mengaransemen lagu serta membuat video, maka saya harus rajin dan kreatif  menulis dan menulis. Sebab kerja keras tidak akan mengkhianati pelakunya, kan? Seperti Kurt, yang sebuah artikel di media online menyebutnya sebagai King of YouTube Music dan saya sepakat. He is my king then, ha!

Kurt ini juga keren saat menyanyi, kadang agak fals, sih, menurut saya. Mungkin karena dia jarang menyanyi dan lebih suka mengaransemen lagu. Bagaimanapun, Kurt tetap juara. Dih, dasar fans! Satu lagi, Kurt suka membuat video one take dan itu keren. Pernah, penonton diajak keliling rumahnya atau keliling apartemen yang ia singgahi saat berada di luar negeri dalam rangka tour musik.

Nah, ini ada satu video Kurt yang belum lama ini diunggah ke kanal Youtube-nya. Ia bersama rekannya Kina Grannis dan Joel Manduke. Sangat enak didengarkan, sungguh! Oh iya, dan mengapa saya menulis ini? Karena saya sangat berterimakasih pada Kurt dengan segala karya inspiratifnya, kolaborasinya dengan banyak musisi, berikut kalimat penutupnya yang selalu ia ucapkan di akhir video. Peace!

Henny

2 thoughts on “My Crush

Leave a Reply

